Panduan Bekerja Di Kapal Pesiar Guide

Mungkin banyak dari anda yang bertanya-tanya gimana caranya biar bisa bekerja di kapal pesiar? atau apa yang kita perlukan untuk bisa bekerja di kapal pesiar? mungkin juga, apa saja syarat-syarat bekerja di kapal pesiar?.

Di artikel ini mudah-mudahan anda bisa menemukan jawaban dari pertanyaan- pertanyaan itu.


 

Sebelum anda ingin bekerja di kapal pesiar, banyak hal penting yang harus anda pertimbangkan dan persiapkan.Sebab bekerja di kapal pesiar itu memerlukan modal bukan saja materi tapi juga mental, tenaga, dan kemampuan berbahasa asing (inggris) yang baik.

Berikut beberapa hal yang harus anda persiapkan sebelum anda memulai untuk melamar kerja di kapal pesiar:


1. Modal (uang/materi) 

Ini yang harus anda butuhkan sebelum bisa bekerja di kapal pesiar. Tapi jangan miris dulu, karena uang ini anda gunakan untuk biaya-biaya pembuatan dokumen yang di butuhkan sebagai syarat agar bisa bekerja di kapal pesiar. Adapun dokumen yang umum dibutuhkan antara lain :
Passport
Seaman Book atau Buku Pelaut
BST (Basic Safety Training)
Yellow Card/International Certificate of Vaccination (ICV) atau Buku Kuning

Untuk besarnya biaya pembuatan dokumen-dokumen di atas tergantung dari di mana anda membuatnya dan kendala-kendala saat pembuatan dokumen tersebut. Lebih jelasnya anda bisa cari tau di google.


2. Bahasa asing (Inggris) 

Syarat mutlak yang harus anda punyai untuk bisa bekerja di kapal pesiar. Karena bahasa inggris merupakan bahasa sehari-hari di kapal pesiar, apa pun kapalnya dan dimana pun negaranya bahasa sehari-harinya bahasa inggris (bukan teh botol sosro :D). Maka dari pada itu pelajarilah bahasa inggris dengan baik sehingga anda bisa berkomunikasi dengan bahasa inggris yang baik. Memang tidak diharuskan anda harus mahir berbahasa inggris dalam arti kata anda fasih berbahasa inggris, tetapi setidaknya anda bisa dan mengerti saat anda menggunakanya.

Anda harus belajar bahasa inggris dari sekarang, banyak cara untuk bisa berkomunikasi dengan bahasa inggrs yanag baik dari mengikuti kursus-kursus bahasa inggris yang sekarang tersebar dimana-mana, belajar dari teman yang lebih pandai, belajar dari internet atau pun belajar dari wisatawan asing dan kemudian praktekkan dan masih banyak cara yang lain.

Jangan pernah takut itu salah kata kunci anda akan bisa fasih berbahasa inggris. Selalu praktekan apa yang sudah anda pelajari, semakin sering anda mempraktekanya semakin mahir anda menggunakanya, dalam istilah inggrisnya "lerning by doing".

Jangan pernah berpikir bahasa inggris tidak penting, dan anda bisa mendapatkan pekerjaan di kapal pesiar tanpa itu. Memang pada kenyataanya itu bisa terjadi dan banyak crew atau awak kapal dari indonesia yang kemampuan bahasa inggrisnya pas-pasan "buruk". Kenapa mereka bisa bekerja di kapal pesiar dengan kondisi seperti itu? padahal agen-agen kapal pesiar di indonesia memberikan persyaratan harus bisa berbahasa inggris bagi para calon pelamarnya. Anda bisa temukan jawabanya sendiri :).

Jadi ingat kuasai bahasa inggris dengan baik dan benar, teruslah belajar walaupun kelak anda sudah bekerja di kapal pesiar. Jangan buat malu nama crew dari indonesia dengan bahasa inggris anda yang buruk, kita harus bisa buat bangga negeri ini walaupun kita jauh di negeri orang.


3. Mental 

Bekerja di kapal pesiar tidaklah seperti bekerja di Tanah Air tercinta kita ini. Di sana anda akan bekerja dengan crew atau awak kapal dari berbagai belahan dunia, yang berbeda latar belakang budaya. Perlu di ingat Mental yang kuat akan menentukan kesuksesan anda kedepanya. Bagi anda yang bermental "tempe" sebaiknya anda berpikir ulang bila ingin bekerja di kapal pesiar, tapi jika itu cita-cita dan impian anda maka mulai dari sekarang rubahlah mental anda agar kuat dan siap saat bekerja disana nanti.

Anda harus tau bekerja di kapal pesiar pressure atau tekanan dari pekerjaan anda tinggi. Jika anda tidak siap dengan itu semua anda akan gagal (mudik sebelum waktunya) :). Tidak sedikit crew atau awak kapal yang gagal karena mental mereka tidak siap menerima tekanan dari pekerjaan itu.

Untuk menghindari itu semua anda harus menikmati apa yang anda kerjakan sehingga akan dapat mengurangi beban dari tekanan pekerjaan itu. Jika itu bisa anda atasi maka anda akan bisa berkarir di kapal pesiar dalam jangaka waktu yang lama sesuai dengan keinginan anda.

Pekerjaan yang berat ditambah tekanan dari atasan maupun dari rekan kerja adalah sesuatu yang akan sering anda jumpai saat bekerja di kapal pesiar. Jangan sampai semua itu membuat emosi anda meledak sehingga anda tidak dapat mengontrolnya, karena konsekuensi yang anda akan terima sangat berat, karir anda di kapal pesiar bisa saja berakhir.

Jangan menjadi orang cengeng di kapal pesiar, jangan terlalu sering mengeluh dengan pekerjaan anda. Di sana anda tidak hidup dengan keluarga atau pun orang-orang terdekat anda, jadilah orang yang kuat dan selalu ingat apa tujuan anda bekerja yakni mencari duit. Apapun masalah yang anda hadapi saat bekerja di kapal pesiar jangan pernah sampai membuat anda menjadi lemah. Anda harus ingat perjuangan anda untuk mendapatkan pekerjaan itu tidaklah mudah dan anda menjadi salah seorang yang beruntung dari sekian banyak orang yang ingin bekerja di kapal pesiar.


4. Tenaga

Dimana pun anda bekerja dan apa pun jenis pekerjaannya, anda pasti memerlukan tenaga. Di kapal pesiar anda akan bekerja rata-rata sehari selama 11 jam bahkan bisa lebih. dalam 1 minggu anda full bekerja tanpa ada libur sampai kontrak anda berakhir. Mungkin anda tidak bisa membayangkan dan merasakan apa yang para crew kapal pesiar kerjakan. Apa anda masih berpikir untuk tetap ingin bekerja di kapal pesiar? Bagi anda yang berkeinginan kuat untuk bekerja di kapal pesiar, semua itu bukanlah masalah. Semua tidak seperti yang anda bayangkan, berat memang tapi setelah anda merasakanya semua akan terasa biasa saja selama anda menikmati semua itu.

Jadi anda harus siapkan diri anda agar anda kelak tidak terkejut, tapi yakinlah anda bisa melalui itu. Saat anda sudah bekerja di kapal pesiar nanti gunakanlah waktu istirahat anda sebaik mungkin untuk memulihkan tenaga anda setelah bekerja sehingga kondisi kesehatan anda tetap terjaga dengan baik disana. Jika anda sakit itu bisa mengancam karir anda. Anda juga bisa menggunakan waktu istirahat anda untuk refresing jalan-jalan keluar pada saat kapal bersandar, itu bisa menghilangkan rasa jenuh anda selama bekerja.

Sekarang yakinkan diri anda apakah anda sudah siap bekerja di kapal pesiar, yang menawarkan gaji yang besar dan anda bisa bekeliling dunia dengan gratis. Tapi harus anda ingat jangan pernah berpikir bekerja di kapal pesiar itu enak dapat gaji besar, karena anda akan bisa merasakan semua itu setelah anda bekerja di sana.

Beberapa persyaratan umum bagi anda yang ingin melamar pekerjaan di kapal pesiar dan anda juga bisa cek persyaratan lainnya dari agen-agen kapal pesiar yang ada di Indonesia:
Surat lamaran pekerjaan dalam bahasa inggris
CV (Curriculum Vitae)
Bisa berbahasa inggris baik tulis maupun lisan
Memiliki pengalaman bekerja di bidang pariwisata seperti hotel minimal 1 tahun, bisa 6 bulan training dengan syarat minimal lulusan D1
Usia minimal 21 tahun
Memiliki passport, seaman book dan BST

Semoga semua ini bermanfaat dan menjadi bahan pertimbangan yang baik bagi anda untuk menentukan dan merubah masa depan anda.

Good luck and see you on board :)
Kapal Pesiar Updated at: 4/11/2012

4 comments:

TS UAD said...

tanks bro

andromeda zatira said...

Anyway, tekanan2 apa aja sih yg paling besar selama bekerja di kapa pesiar???

Oppay Desta said...

Mental baja tulang besi...siap kerja rodi tapi membuat kantong anda tak pernah sepi dr dollar.....kepala jadi kaki kaki jadi kepala....selalu berkepala dingin walau tak sejalan dengan hati........dan jgn suka judi ....lalu Ontime on Duty

Gus Rama said...

Makasi infonya

Post a Comment