Bagaimana Hidup Dan Bekerja Di Kapal Pesiar



Bekerja atau hidup di atas kapal pesiar mungkin akan menjadi pengalaman paling mengensankan yang tidak akan pernah bisa anda lupakan. Anda bisa berkeliling dunia dan menjumpai tempat-tempat baru yang mungkin tidak pernah anda bayangkan selama ini dalam hidup anda, walaupun anda akan lebih banyak menghabiskan waktu untuk bekerja di dalam kapal.



Anda akan betemu dengan orang-orang dari berbagai negara di dunia.Keseharian anda di atas kapal pesiar adalah untuk bekerja sehari rata-rata 11 sampai 14 jam selama 7 hari seminggu tanpa ada libur hingga kontrak anda berakhir. Setelah jam kerja anda berakhir banyak sekali kegiatan yang bisa anda lakukan karena di setiap kapal pesiar menyediakan fasilitas-fasilitas untuk para awaknya meluangkan waktu istirahat mereka.

Jika anda suka dugem atau pesta anda bisa ke crew bar meluangkan waktu bersama teman-teman anda, jika anda hobi berenang anda bisa pergi ke kolam renang yang disediakan khusus untuk crew atau pun jika anda hobi berolahraga anda bisa pergi ke crew gym dan masih banyak lagi fasilitas lainnya untuk para crew.

Tapi ingatlah untuk tetap beristirahat yang cukup untuk memulihkan tenaga anda setelah lelah bekerja. Selama anda hidup di kapal pesiar anda akan berbagi cabin dengan orang lain, biasanya 1 cabin ditempati 2 orang ada juga yang sampai 4 orang, tapi jika jabatan anda tinggi maka anda akan mendapatkan cabin sendiri tanpa harus berbagi dengan orang lain.

Ada baiknya jika anda mencari teman satu cabin yang berasal dari Indonesia juga sehingga anda tidak akan merasa kesepian. Ingatlah untuk selalu menghargai teman satu cabin anda. Bersosialisasilah dengan semua orang, semakin banyak teman maka anda akan merasa lebih nyaman hidup di kapal pesiar.

Jika anda pertama kali bekerja di kapal pesiar anda pasti akan merasakan homesick, itu hal yang wajar dan dirasakan oleh semua orang yang sudah atau pun pernah bekerja di kapal pesiar. Anda pasti akan merasa rindu dengan teman-teman, pacar, istri atau pun keluarga begitu juga sebaliknya mereka pasti juga merindukan anda. Untuk mengatasi masalah itu anda bisa kontak mereka melalui telpon atau pun social network.

Seiring waktu masalah homesick pasti teratasi, jadi jangan anda berhenti bekerja di tengah jalan hanya gara-gara masalah itu. Jangan sia-siakan kesempatan emas yang sudah anda peroleh.

Luangkanlah waktu anda untuk jalan-jalan saat kapal bersandar, nikmati hidup anda selama bekerja di kapal pesiar, tapi ingat jangan hambur-hamburkan uang anda. Jika anda rindu Indonesia carilah rumah makan yang menyediakan menu masakan Indonesia, santaplah makanan disana untuk mengobati rasa rindu anda.

Anda juga bisa mengabadikan kenangan hidup anda dengan berfoto-foto di tempat-tempat menarik yang anda singgahi lalu anda bisa upload ke Facebook atau pun sosial media yang lainnya. Hal-hal seperti itu akan membuat anda merasa betah bekerja di kapal pesiar.

Crew Drill atau pelatihan keselamatan bagi crew di atas kapal akan sering anda jumpai saat bekerja di kapal pesiar. Pelatihan ini adalah wajib bagi seluruh crew, dan sangat penting dan bermanfaat di saat ada keadaan darurat di kapal. Ikuti dengan serius pelatihan ini walupun pada kenyataanya akan membosankan. Setiap perusahaan kapal pesiar wajib memberikan pelatihan ini kepada semua awak kapalnya tanpa terkecuali.

Hidup di atas kapal pesiar itu banyak suka dukanya dan setiap crew merasakan hal yang berbeda-beda. Selama anda menikmatinya maka bisa dikatankan hidup dan bekrja di atas kapal pesiar sangat menyenangkan. Banyak juga godaan hidup di kapal pesiar dan anda perlu juga mewaspadainya, apa saja itu anda bisa baca di postingan berikutnya.

Kapal Pesiar Updated at: 4/16/2012

0 comments:

Post a Comment