Saatnya Melamar Pekerjaan Di Kapal Pesiar

Setelah anda yakin dan siap dengan kemampuan anda kini saatnya anda mulai melamar pekerjaan di kapal pesiar. Sebelum melamar anda cari tau dahulu posisi apa yang ingin anda lamar dan persyaratanya.

Untuk info lowongan bekerja di kapal pesiar anda bisa cari di koran, internet atau pun anda bisa langsung menghubungi agen kapal pesiar untuk menanyakan posisi apa yang tersedia. Biasanya agen-agen kapal pesiar setiap hari selalu membuka lowongan tetapi tidak untuk semua posisi hanya posisi yang mereka butuhkan saja.Tapi anda harus hati-hati dalam mencari lowongan itu karena sekarang banyak sekali praktek percaloan.



 

Jika anda sudah tau posisi yang akan anda lamar dan itu tersedia maka anda persiapkan segala sesuatunya untuk melamar pekerjaan tersebut. Beberapa hal yang harus anda persiapkan diantaranya:
Buatlah surat lamaran pekerjaan dengan bahasa inggris, untuk contohnya anda bisa cari di google.
Buat CV (curriculum vitae) dalam bahasa inggris juga yang menerangkan riwayat singkat hidup anda dari biodata anda sampai keterangan pengalaman kerja anda.
Foto copy semua dokumen yang dibutuhkan dari KTP, Ijasah, Surat pengalaman kerja, Akta kelahiran, SKCK dari kepolisian, Kartu Keluarga, Passport, Seaman Book, BST (kalau sudah punya).
Pass foto biasanya berukuran 4x6 sebanyak 2 lembar.

Untuk lebih jelasnya apa saja yang anda butuhkan untuk melamar anda bisa langsung tanyakan ke agen yang bersangkutan. Sebelum anda apply atau mengajukan lamaran ada baiknya anda latihan interview di rumah terlebih dahulu, sekedar tips agar anda tidak gerogi/nervous saat anda di interview. Anda bisa latihan bersama teman atau pun sendiri misalnya di depan cermin anggaplah diri anda di cermin sebagai si pewawancara/interviewer.

Saat anda sudah siap datanglah ke agen dimana anda mau melamar, bawa surat lamaran anda dan ingat berpakaian yang rapi (pakai kemeja, celana kain, dasi, jas kalu bisa dan sepatu pantofel hitam) dan ditambah sedikit parfum :). Ingat disini anda ingin melamar kerja bukan jalan-jalan walaupun sekedar menaruh lamaran bukan untuk wawancara. Karena penampilan anda sangat penting di saat anda melakukan wawancara nanti. "You never get a second chance to make a first impression" kalimat ini menggambarkan pentingnya penampilan anda di saat wawancara dan bisa menentukan hasilnya, karena si pewawancara pertama-tama akan melihat penampilan anda, jika anda berpenampilan tidak baik bukan mustahil sebelum anda di wawancara anda sudah di tolak.

Setelah anda menaruh lamaran biasanya anda akan disuruh menunggu panggilan untuk wawancara, lamanya tergangtung dari masing-masing agen. Ada juga agen pada saat anda pertama membawa lamaran anda akan langsung diwawancara ini disebut dengan screening test atau tes untuk mengetahui kemampuan berbahasa inggris anda apakah layak atau tidak sesuai dengan standar dari masing-masing agen. Biasanya hal-hal yang ditanyakan bersifat global tidak terlalu menekankan pada pekerjaan anda.

Setelah anda dinyatakan lolos, maka tahapan berikutnya anda menunggu panggilan untuk interview yang ke 2 lamanya tergantung dari masing-masing agen. Banyaknya jumlah interview pada masing-masing agen berbeda-beda dan yang terakhir adalah final interview. Disini anda akan di wawancara oleh user atau orang yang ditugaskan langsung oleh perusahaan kapal pesiar dimana anda melamar, biasanya orang bule tapi ada juga orang dari agen tempat anda melamar karena perusahaan tersebut sudah mempercayakan semuanya kepada agen itu.

Jika anda bisa melewati dan lolos dari tahapan-tahapan interview tadi jangan senang dulu walaupun memang pekerjaan anda sudah di depan mata. Tapi ada 1 lagi tes yang harus anda lalui dan ini merupakan tes wajib bagi para calon pelaut atau dalam hal ini pekerja kapal pesiar yakni Marlin Test. Marlin Test merupakan tes bahasa inggris bagi para calon pelaut yang dilakukan melalui media komputer online. Sebelum anda melalui itu anda bisa mencoba dan latihan marlin test secara online melalui situs resminya di http://www.marlinstest.co.uk/. Satu hal yang harus anda ketahui agar bisa lolos marlin test yakni pelajari bahasa inggris dasar yang anda dapatkan saat sekolah dulu seperti grammar, tenses dll.


Lolos marlin tes berarti anda sudah 80% menuju kapal pesiar. Kenapa cuma 80%? Ya karena masih ada satu hal penting lagi yang harus anda lewati yakni medical check up atau tes kesehatan. Tidak sedikit para calon pekerja kapal pesiar gagal melewati ini. Dan yang paling sering menjadi penyebab mereka tidak lolos tes kesehatan adalah penyakit hepatitis. Maka dari itu bagi anda yang ingin bekerja di kapal pesiar mulailah hidup sehat dari sekarang. Tips sebelum melakukan tes kesehatan sebaiknya anda banyak-banyak minum air putih, olah raga dan bagi yang suka merokok kurangi rokok anda ini semua demi cita-cita dan masa depan anda. Yang punya masalah gigi berlubang sebaiknya ditambal dahulu karena biaya tambal gigi di tempat anda nanti melakukan tes kesehatan relatif mahal.

Dimana anda melakukan tes kesehatan? Anda akan tau semua dari agen tempat anda melamar, karena setiap agen sudah mempunyai link yang mengharuskan para pelamarnya untuk melakukan tes kesehatan di tempat yang sudah mereka tunjuk, ini untuk menghindari adanya praktek kecurangan. Ingatlah tes kesehatan ini sangat menentukan apakah anda bisa bekerja di kapal pesiar atau tidak, dan juga akan membuat jantung anda berdebar-debar menunggu hasilnya.

Saat anda dinyatakan lolos tes kesehatan ingat panjatkan puji syukur anda sebagai rasa terima kasih kepada Tuhan anda, karena mimpi anda akan segera terwujud yakni bekerja di kapal pesiar.

Beberapa agen juga mewajibkan para pelamarnya untuk mengikuti sebuah pelatihan singkat yang waktunya berbeda-beda tergangtung dari agennya, disana anda akan diberikan materi-materi tentang pekerjaan anda nanti di kapal dan bagaimana kondisi bekerja di kapal sehingga nanti anda bisa menyesuaikan diri dengan cepat saat anda sudah bekerja disana. Setelah anda menyelesaikan pelatihan anda tinggal menunggu jadwal keberangkatan anda yang akan anda ketahui dari agen tempat anda melamar.

Sambil menunggu jadwal keberangkatan anda, sebaiknya anda mengurus dokumen-dokumen yang belum anda miliki.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan semakin menguatkan tekad anda untuk bekerja di kapal pesiar. Selamat mencoba peruntungan anda.
Kapal Pesiar Updated at: 4/12/2012

0 comments:

Post a Comment